Selasa, 15 Mei 2012

Cooking : Steak Sapi Siram Saus Tiram

This is it! steak ala chef santril queen :p

Bahan Steak :
Daging sapi 200 gr
Saus teriyaki
Merica

Bahan saus :
Bawang Bombay ¼ potong-potong
Bawang putih 1 biji aja (bukan 1 buletannya ya) geprek lalu dicincang ampe imut
Saus tiram botolan
Saus cabe pedas botolan
Merica
Gula Putih
1 Cabe merah diiris-iris tipis
¼ Tomat dipotong-potong sesuai selera
1 gelas air putih
1 sendok tepung maizena
Minyak 

Cara Membuatnya gimana kakaaak??


ini dia caranyaaa:
  • Potong-potong tipis dagingnya, trus rebus dagingnya dulu ampe mateng (kalo pake presto cukup 30 menit)..Angkat dan tiriskan
  • Rendam si daging yang udah mateng ini di saus teriyaki + merica. Simpan di kulkas biar meresap tuh bumbu2nya
  • Untuk saus : panasin minyak, masukin bahan2nya dengan urutan : bawang Bombay + bawang putih, udah kecium wanginya langsung masukin cabe,tomat. Trus saus tiram botolan, air, merica, gula, saus pedas. Jangan lupa di icip-icip dulu yaa,,nah kalo rasa sesuai selera deh. Abis rasanya udah pas dilidah, masukin tepung maizena yang sebelumnya udah dilarutin di air. Cukup 1 sendok aja (kalo kebanyakan ntar kentel banget)
  • Finishing : Panggang daging yang udah berbumbu di wajan anti lengket  alias teplon, udah mateng sajikan di piring dan siram dengan saus tiram + kentang goreng

Nah karena gw istri pelit hemat,,kentang gorengnya gw bikin sendiri, jadi ga beli yang siap saji kaya di supermarket ituu..jauh banget boook selisih harganyaa,,hihihi


Cara membuat kentang goreng :
Bahan :
3 ekor eh buah kentang
tepung bumbu siap saji
tepung maizena


Cara membuat :
  • Kupas kentang trus potong-potong memanjang, lalu rebus di air mendidih bentar aja (kurang dari 10 menit). Setelah itu angkat dan tiriskan.
  • Campur si tepung bumbu ama tepung maizena (dikit aja si maizenanya).
  • Masukin kentang yang udah ga terlalu basah ke tepung,,guling-guling bentar disitu, langsung goreng deh..
  • hasilnya permukaan kentangnya agak kres-kres tapi dalemnya empuuk ^^
NB : 
Resep diatas hasil modifikasi gw yaa..terutama takarannya. Kalo resep awalnya gw nyomot-nyomot dari berbagai sumber yang gw dapet di mbah gugel.. dan ga pernah gw save (-,-") jadi maap yaa kalo tak ber-link..

6 komentar:

  1. itu daging sapinya bagian apa tril?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung belinya ncuu..
      klo pas di pasar belinya yang ga ada lemak2nya..bilang aja buat dibikin steak..
      kalo beli di supermarket beli yang has dalam ato kalo gw yang rendang (karena lebih murah *teteeuup* :p)

      Hapus
  2. waaaaaaaahh udah jago aja masaknya,
    lah aku kemaren cuma bisa goreng menggoreng saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sisanya aku pun begitu nie..goreng menggoreng juga..hehehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. dikirim sepotong aja boleh kakak??hehe..thanks for comment nisa ^^

      Hapus